Friday, January 29, 2016

Pengalaman Pribadi Dengan Wowapp

28-01-2016

[17:00] mendownload aplikasi wowap messenger via google play yang sebelumnya nggak minat banget untuk install aplikasi chatting baru yang takutnya malah bikin hp lemot dan rakus data internet.

Ada beberapa hal yang akhirnya menjadi menarik untuk mencoba aplikasi ini:
  1. Power of sharing, kata-kata ini juga menjadi tagline wowapp. Yang lebih kurang bermakna sharing revenue. Pada point ini wowapp betul-betul strict menerapkan sistem referral. Anda tidak dapat begitu saja mencoba login tanpa melalui referral. Bahkan andaikan nekat, anda akan disodori featured member untuk dipilih sebagai lucky referral anda. Jika berkenan, silakan gunakan akun ini sebagai referral dari pada nantinya milih yang gak jelas. Makasih ya.
  2. Telepon ke nomer biasa. Kalau telpon ke sesama akun messenger sudah biasa banget dan gratis. Ketika kita coba suaranya termasuk jernih dan lancar. Namun untuk telepon ke nomer biasa ini termasuk luar biasa meski gak gratis.
  3. Video Call, karena gak semua messenger punya kemampuan ini.
  4. Point bisa diuangkan dengan nilai per 1 wowCoin = 1 USD cent
[18:00] Beberapa teman sudah aktif dan kita mulai chat ngobrol ngalor ngidul sambil share gambar dan coba emot-emot baru yang tampaknya sangat menarik.

[20:30] Iseng-iseng ngecek penggunaan data, karena mulai terasa ada lag dan HP mulai melambat (ketika itu data juga sering drop). Dan memang WOW data yang terpakai sudah 7mb+.



[21:00] Aplikasi kita paksa berhenti, agar tidak ada background process yang berjalan untuk melakukan evaluasi lebih lanjut.

Dasar Evaluasi adalah misal kita beli paket data 1GB = 25rb, maka 25.000 / 1GB (1.000mb) = Rp 25,- /mb. Dengan pemakaian selama kurang lebih 2,5 jam (itu juga gak mantengi terus-terusan loh) jadi dikira-kira nett-nya 1 Jam = 7mb = (7mb * Rp 25,-) = Rp 175,- per Jam.

Perhitungan kasar diatas juga bukan patokan dasar. Tapi yang jelas kita sudah "mengeluarkan" dana sebesar Rp 175,-. Dan karena sudah berkali-kali melihat tampilan iklan ketika chatting, kita coba pasif dulu dan melihat berapa besar "revenue" yang kita peroleh.

Sebagai komparasi ketika pakai whatsapp menghabiskan sekitar 16mb dalam 1 hari, tapi ketika melihat dalam 2,5 jam saja sudah mendekati separoh dari whatsapp dalam 24 jam, rasanya masuk akal jika pasif dulu.

Istirahat dulu, sambil nunggu update data revenue -jika ada-.