Friday, December 10, 2010

Wubi Software Linux Ubuntu Untuk Windows

Sebelum mengikuti langkah-langkah instalasi wubi, harap dibaca posting sebelumnya Belajar Linux Dengan PC Windows. Sehingga dari 3 pilihan yang ada, memang wubi-lah yang diinginkan.
Pesyaratan sebelum menginstall wubi adalah sebagai berikut:
  • Memory 384MB
  • Alokasi Hardisk 5GB
  • Wubi Installer ±1MB, [Download Wubi Installer]
  • Aplikasi pendukung :
    • Jika ada koneksi internet, aplikasi akan didownload secara otomatis,
    • atau CD aplikasi ±700MB (wubi installer harus berada satu directory dengan aplikasi). Silakan tinggalkan komentar untuk pemesanan.
Setelah persyaratan diatas sudah tersedia, bisa dilanjutkan pada proses instalasi.
Seperti instalasi software biasa, jika ada koneksi internet bisa langsung klik dari hasil download atau klik dari CD jika tidak ada koneksi internet. Tampilan pertama yang muncul adalah:
Proses yang paling penting adalah, membuat username dan password. Jika selama memakai windows tidak perlu memakai, untuk Linux adalah suatu keharusan, bahkan untuk guest sekalipun. Pilihlah username dan password yang mudah diingat untuk menjadi administrator atau lebih dikenal dengan su (super user). Karena username dan password ini akan selalu ditanyakan setiap kali kita membuka Linux.
Proses selanjutnya, mudah ditebak, tinggal klik dan klik. Yang kemudian akan diikuti dengan permintaan untuk merestart PC. Setelah proses pembacaan bios,  sebelum booting anda akan ditanya apakah booting dengan Windows atau dengan Linux Ubuntu, kemudian pilih Linux Ubuntu. Dan walaaaa Welcome to Ubuntu World.