Friday, December 3, 2010

Memilih Modem Internet CDMA

Karakteristik CDMA yang unik dibanding dengan GSM, memerlukan ketelitian dalam membeli perangkat untuk tujuan koneksi internet terutama untuk dicolokkan kedalam PC.
Baik berbentuk HP maupun modem, CDMA lebih panas terutama jika sinyal lemah dan lebih parah lagi bateray bisa drop, karena setiap handset atau modem harus mempertahankan sinyal yang diperoleh agar koneksi dengan BTS tidak putus. Menurut pengalaman, setiap RUIM hanya dapat terregister pada 1 sector BTS saja, jika tiba-tiba sinyal hilang maka koneksi akan putus terlebih dahulu dan kemudian RUIM akan terregister pada sector BTS yang lain lebih kuat. Kondisi ini berbeda dengan sinyal GSM yang lebih menyerupai walky talky, koneksi akan terus berjalan selama ada sector BTS yang mengcover. Makanya terkadang kita mendengar suara echo ketika menelpon dengan GSM.
Panas yang berlebihan ini disamping memperpendek usia batteray, merusak handset/modem, dapat juga merusak konektor usb pada PC. Jika sudah demikian tarif murah pun akan menjadi mahal, karena berbagai kerusakan.
Disarankan untuk menggunakan modem CDMA yang berbungkus alumunium plus colokan antena luar (kalau ada, agar sinyal lebih stabil). Berikut list bundling modem CDMA yang baik.


Modem EVDO Antena Luar Harga
Vertex Router VW240
(Smart)

Yes
-
Rp.1.878.000
DTU-450
(Ceria)

-
Yes
Rp.500.000
CNU 680
(Ceria)

Yes
-
Rp.599.000
CDMA Wavecom
(No-Bundling)

-
Yes
Rp.500.000


Untuk harga CDMA Wavecom (harga rata-rata).