Wednesday, December 15, 2010

LibreOffice Masa Depan Office Open Source Gratis

Wow, Itulah yang keluar pertama kali setelah mencoba LibreOffice 3.3.0 beta lebih cepat dan lebih responsive dari pada OpenOffice. Tentu saja masih fresh from the oven, karena baru diluncurkan sekitar akhir bulan Oktober.
Loading Awal LibreOffice
Apa itu LibreOffice ?, jawaban sederhana adalah Software Office yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF) yang berisi para
pengembang OpenOffice. Dalam salah satu FAQ nya, disebutkan bahwa alasan mengembangkan LibreOffice adalah karena semenjak Sun Microsystem (induk perusahaan OpenOffice dan StarOffice) diakuisisi oleh Oracle, posisi para pengembang OpenOffice seperti mendapatkan "memo pemecatan" dari status yang bersifat kolaboratif, yang berarti Oracle lebih condong untuk mengembangkan StarOffice(versi berbayar OpenOffice). Karena sudah terbiasa dengan Open Source, akhirnya para pengembang tersebut berkumpul dalam wadah baru.
LibreOffice Suite
Dari sekian banyak nama pendukung proyek LibreOffice ini terdapat nama-nama perusahaan raksasa yang sudah tidak asing lagi, sebut saja Google, Novell, Gnome, Canonical (induk Ubuntu).
Jadi meskipun beta, tapi program LibreOffice adalah kelanjutan dari OpenOffice versi terbaru jikalau tidak bisa dikatakan sebagai versi upgrade dari OpenOffice, dan bergabung juga didalamnya team RedHat dan Go-OO. Sebagai penutup mereka menyampaikan bahwa TDF tidak dan tidak akan mengeluarkan LibreOffice versi berbayar.

 Berita yang sangat menggembirakan untuk Open Source, posting berikutnya Cara menginstall LibreOffice di Ubuntu/Kubuntu disini