Wednesday, December 8, 2010

Belajar Linux Dengan PC Windows

Ada banyak cara untuk belajar Linux, terutama Ubuntu sebagai distro yang paling mudah untuk pemula. Namun terkadang terkendala situasi dimana hanya punya 1 PC yang tidak mungkin untuk digunakan coba-coba dengan install langsung.
Untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas mencoba Linux, Ubuntu memberikan 3 pilihan untuk mencobanya tanpa takut merusak OS Windows yang sudah dipakai selama ini.
  1. Wubiadalah OS Linux Ubuntu yang disesuaikan untuk windows sehingga untuk menginstall/uninstall semudah software windows lain. Namun demikian untuk menjalankannya, anda harus keluar dulu dari windows (restart PC), kemudian ketika PC dalam proses booting wubi menampilkan pilihan apakah akan menggunakan windows atau linux.
  2. Pilihan Startup Wubi
    Contoh Tampilan Wubi
  3. Virtual Machine, adalah software yang mengemulasi OS lain didalam OS yang berbeda didalam satu PC, sehingga Linux dapat dijalankan langsung didalam jendela windows secara virtual.
  4. Ubuntu dalam virtual machine
  5. Ubuntu Portable, adalah Linux yang berjalan bersamaan dengan windows dan berbagi resource.
Ubuntu Portable
Untuk mencoba atau belajar Linux Ubuntu diperlukan beberapa pemahaman-pemahaman berikut ini:

  • Linux Ubuntu berbeda tampilan dengan windows tapi mempunyai fungsi yang sama. Seperti halnya jika sudah terbiasa dengan HP Nokia kemudian menggunakan HP Sonyericsson. Kesadaran ini penting bagi pemula.
  • Linux Ubuntu adalah sebuah Operating System seperti halnya windows, setelah installasi selesai belum ada program apapun baik Office maupun program-program yang lain, sehingga perlu menginstall nya kemudian.
  • Sebagaimana ketika menginstall MS Office yang menggunakan CD installer, untuk menginstall OpenOffice dan program-program lain diperlukan CD/DVD juga jika PC anda tidak punya koneksi Internet. CD/DVD ini dalam dunia Linux dikenal sebagai CD/DVD repository.
  • Repository adalah gudangnya software Linux yang semuanya gratis, media yang diperlukan adalah dengan mengunduh (download) atau beli yang sudah berbentuk CD/DVD. Silakan isi komentar untuk melakukan pemesanan.
  • Struktur Partisi Linux berbeda dengan windows, jika kita mengenal istilah FAT16, FAT32, atau NTFS; maka didalam linux memakai ext2, ext3 dimana windows tidak dapat membaca partisi Linux, tapi sebaliknya Linux bisa membaca partisi windows.
  • Penamaan drive juga berbeda, jika dalam windows kita mengenal drive C: D: E:, di Linux kita memakai /dev/hda, /dev/hdb dan seterusnya.
Dengan pemahaman singkat ini, diharapkan para pemula dapat memandang Linux dari sisi sesuatu yang baru dan bukannya melihat dari sisi kebiasaan di windows.
    Posting berikutnya akan kita bahas satu persatu, tutorialnya.