Wednesday, December 1, 2010

Akses Internet

Memilih akses internet, termasuk gampang-gampang susah. Banyak hal yang ditawarkan dan biaya yang dikeluarkan belum tentu memberikan hasil yang memuaskan. Secara umum biaya penghitungan biaya terbagi menjadi Limited/Quota dan Unlimited.
Saya mencoba membandingkan semua tarif dari operator telekomunikasi kita, hanya yang menawarkan satuan waktu yang dihitung, sehingga jika koneksi lemot langsung bisa didiskonek tanpa harus kehilangan biaya; untuk satuan volume based atau yang pakai hitungan per kb, hitungan dan batas toleransi menjadi gak jelas dari sisi pengguna, artinya kalau saya membuka halaman yang berukuran misal 10kb, proses yang terjadi bisa lebih dari 10kb dan bahkan bisa berlipat-lipat misal jika harus merefresh ulang ketika tiba-tiba koneksi lemot atau pada saat bersamaan pc mengakses internet diam-diam karena virus atau pelacakan software.
Data dibawah ini semua berdasarkan Time Based atau lama penggunaan dan dipersamakan dalam satuan menit.

Operator Tarif
Indosat Rp. 200
Telkomsel Rp. 350
Axis Rp. 10,5
StarOne Rp. 1,04

Rp. 0,62
Flexi Rp. 1,04

Rp. 0,69
Smart Rp. 2,08

Rp. 1,04
Ceria Rp. 4,16

Rp. 3,47
*Axis untuk sekali pembelian Rp.15.000,-
Dari Tarif diatas tampaknya CDMA lebih murah dalam skema biaya koneksi internet, terlepas dari lambat atau cepat-nya koneksi yang dijanjikan. Bagaimana menurut anda?